Sabtu, 26 Maret 2011

UN MTK 2011


PREDIKSI PAKET 1
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
MATEMATIKA SMP/MTs

1. *  Kemampuan yang Diuji
        Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat

     * Indikator Soal
        Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat

     *  Soal
         Hasil dari  (- 12) : 3 + 8 x (- 5) adalah ....
A. - 44                                   C. 28
B. - 36                                   D. 48

      * Kunci Jawaban:  A

      * Pembahasan

(- 12) : 3 + 8 × (- 5) = - 4 + (-40)
                                 = - 44

* Soal
Hasil dari  -4 + 10 : 2 ´ (-5) adalah ....
A. -29                                  C. -12
B. -15                                  D. -5

*          Kunci jawaban:  A

*          Pembahasan
-4 + 10 : 2 ´ (-5) = -4 + 5 ´ (-5)
                           = -4 – 25
                           = -29
* Soal
Hasil dari  6 – 18 : (-2) × 3 adalah ....
A.  9                          C. 33
B. 18                         D. 45

* Kunci jawaban:  C

* Pembahasan
6 – 18 : (-2) × 3 = 6 – (-9) × 3
                        = 6 – (– 27)
                        = 6 + 27
                        = 33

2. *  Kemampuan yang Diuji
        Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat

     * Indikator Soal
        Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat

     * Soal
       Suhu tempat A adalah 100 C di bawah nol, suhu tempat B adalah 200C di atas nol, dan suhu tempat C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat B. Suhu tempat C  adalah ....
A. – 150                                 C. 50
B. – 50                                   D. 150

      * Kunci Jawaban:  C

      * Pembahasan
100 di bawah nol diartikan – 100, sedangkan 200 di atas nol diartikan + 200.
Selisih antara – 100 dengan + 200 adalah 300, karena tempat C di antara tempat A dan B, maka: 300 : 2 = 150.  Suhu tempat C adalah – 100 + 150 = 50.

* Soal
Suhu tempat A adalah 60C di bawah nol, suhu tempat B adalah 280C di atas nol, dan suhu tempat C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat B. Suhu tempat C adalah ….
  A.  – 170                    C. 110
B.     – 110                    D. 170

* Kunci jawaban:  C

* Pembahasan
60 di bawah nol di artikan – 60, sedangkan 280 di atas nol diartikan + 280.
Selisih antara – 60 dengan + 280 adalah 340, karena tempat C di antara tempat A dan B, maka: 340 : 2 = 170.  Suhu tempat C adalah – 60 + 170 = 110.

* Soal
Dalam kompetisi Matematika, setiap jawaban benar diberi skor 3, jawaban  salah diberi skor -1, dan jika tidak menjawab diberi skor 0.
Dari 40 soal yang diujikan, Dedi menjawab 31 soal, yang 28 soal di antaranya dijawab benar. Skor yang diperoleh Dedi adalah ….
A.  81                                               C. 87
B.   84                                               D. 93

* Kunci jawaban:  A

* Pembahasan
-   28 soal benar, skornya adalah 28 × 3 = 84.
-   3 soal salah, skornya adalah 3 × (-1) = -3.
Skor yang diperoleh Dedi adalah 84 + (-3) = 81.






3. * Kemampuan yang Diuji
       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan

     * Indikator Soal
        Mengurutkan beberapa bentuk pecahan

         * Soal
        Urutan dari kecil ke besar untuk pecahan  adalah ....
A.                   C. 
B.                    D.   

     * Kunci jawaban: D

     * Pembahasan
KPK dari 5, 9, dan 7 adalah 315, maka: ,  , dan
Urutan dari kecil ke besar adalah , ,  atau

* Soal
Urutan dari besar ke kecil untuk pecahan  adalah ....
a.                      C. 
b.                     D.   

* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
KPK dari 5, 4, dan 2 adalah 20, maka: ,  , dan
Urutan dari besarke kecil adalah, , , atau

* Soal
   Urutan dari besar ke kecil untuk pecahan 0,75,   adalah ....
A.                          C. 
B.                             D.   

* Kunci jawaban: D

* Pembahasan
Pecahan desimal 0,75 = .
KPK dari 4, 6, dan 3 adalah 12, maka: ,  , dan
Urutan dari besar ke kecil adalah, , , atau

4. * Kemampuan yang Diuji
       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan

     * Indikator Soal
        Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan

     * Soal
      Luas taman pak Ahmad 300 m2.  bagian ditanami bunga mawar,  bagian ditanami bunga melati,  bagian ditanami bunga anyelir, dan sisanya dibuat kolam.
Luas kolam adalah ....
A. 45 m2                                C. 65 m2
B. 55 m2                                D. 75 m2

     * Kunci jawaban: C

     * Pembahasan
KPK dari 3, 4, dan 5 adalah 60.
Bagian untuk kolam adalah 1 – (++) = 1 – ( + + )
                                                                        = 1 –  
                                                                        =
Luas kolam =  × 300 m2
             = 65 m2

* Soal
Banyak siswa di suatu kelas 40 orang.  bagian senang sepakbola,  bagian senang volley,  bagian senang basket, sedangkan sisanya senang berenang.
Banyak siswa yang senang berenang adalah ....
A.    1 orang                            C. 10 orang
B.     3 orang                            D. 15 orang

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
KPK dari 10,4, dan 8 adalah 40.
Maka: 1 – (++) = 1 – ( + + )
                                      = 1 –  
                                     =
Jumlah siswa  yang senang berenang  =  x 40 orang
                                                             =  3 orang.

* Soal
Penghasilan Ady setiap bulan adalah Rp3.600.000,00.   bagian untuk biaya transportasi, bagian untuk biaya pendidikan,bagian untuk keperluan di rumah, sedangkan sisanya ditabung.
Banyak uang yang ditabung oleh Ady adalah ....
A.    Rp2.400.000,00                          C. Rp400.000,00
B.     Rp600.000,00                             D. Rp200.000,00

* Kunci jawaban: D

* Pembahasan
KPK dari 9, 6, dan 3 adalah 18.
Bagian yang di tabung adalah  1 – (++) = 1 – ( + + )
                                                     = 1 –  
                                                     =
Jumlah uang yang di tabung oleh Ady  =  × Rp3.600.000,00
                                                               = Rp200.000,00

5. *   Kemampuan yang Diuji
         Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan

     * Indikator Soal
        Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala, atau jarak pada gambar

     * Soal
         Jarak sebenarnya antara dua kota 80 km, sedangkan jarak pada peta 5 cm. Skala peta tersebut adalah ....
A. 1 : 400                              C. 1 : 160.000
B. 1 : 40.000                         D. 1 : 1.600.000

     * Kunci jawaban: D

     * Pembahasan

Jarak sebenarnya 80 km = 8.000.000 cm, jarak pada peta 5 cm.
Skala peta adalah 5 : 8.000.000 = 1 : 1.600.000

* Soal
Jarak dua buah kota pada peta dengan skala 1 : 3.500.000 adalah 5 cm.
Jarak sebenarnya kedua kota itu adalah ....
A. 175 km                            C.  17,5 km
B. 70 km                           D.  7 km

* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
Jarak sebenarnya = 3.500.000 ´ 5 cm.
     = 17.500.000 cm
     = 175 km

* Soal
Jarak antara kota A dan kota B pada peta 5 cm. Dengan skala peta    1 : 1.200.000, jarak sebenarnya adalah ....
A. 4 km                                 C. 40 km
B. 6 km                                 D. 60 km

* Kunci jawaban: D

* Pembahasan
Jarak sebenarnya       = 1.200.000 × 5cm
            = 6.000.000cm
             = 60 km






6. *   Kemampuan yang Diuji
         Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan

     * Indikator Soal
        Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan senilai

     * Soal
Sebuah mobil memerlukan 15 liter bensin untuk menempuh jarak sejauh 180 km. Jika tangki mobil tersebut berisi 20 liter bensin, jarak yang dapat ditempuh adalah ....  
A. 320 km                             C.  230 km
B. 240 km                             D.  135 km

     * Kunci jawaban: B

     * Pembahasan

15 liter →  180 km
20 liter →  km = 240 km
Jarak yang dapat ditempuh dengan 20 liter bensin adalah 240 km.

* Soal
Setelah berputar 18 kali, roda sepeda menempuh jarak sejauh 27 meter. Jika roda tersebut berputar          12 kali, jarak yang ditempuh adalah ... .  
a.    16 meter                           c.  24 meter
b.    18 meter                           d.  43 meter

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
18 kali →  27 m
12 kali →m = 18 m
Jarak yang dapat ditempuh adalah 18 m.

* Soal
Dalam waktu 7 menit Deni mampu membaca buku cerita sebanyak 140 kata.
Untuk membaca 700 kata, waktu yang diperlukan adalah ....
A.  20 menit                          C. 35 menit
B.  25            menit                           D. 70 menit

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
7 menit → 140 kata
y  menit → 700 kata

Maka:
       140y  = 4900
            y = 4900 : 140  
             y = 35
Waktu yang diperlukan untuk membaca adalah 35 menit.

7. * Kemampuan yang Diuji
       Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan
    
     * Indikator Soal
        Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai
     * Soal
      Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 15 pekerja dalam waktu 12 minggu. Jika pekerjaan itu harus selesai dalam 9 minggu, banyak pekerja yang harus ditambah adalah ….
A. 3 orang                             C. 5 orang
B. 4 orang                             D. 20 orang

     * Kunci jawaban: C

     * Pembahasan
15 pekerja        → 12 minggu
  a pekerja          9 minggu
maka : 
              9a  = 180
                a = 20
Banyak tambahan pekerja adalah 20 – 15 = 5 orang.
* Soal
Sebuah asrama memiliki penghuni sebanyak 30 orang. Persediaan makanan yang ada diperkirakan akan habis selama 8 hari. Karena ada tambahan 10 orang penghuni, berapa hari persediaan makanan akan habis ?
A. 6   hari                              C. 15 hari
B. 11 hari                              D. 24 hari      
* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
30 orang ® 8 hari
40 orang ® m hari
maka : 
           40 m = 240
                m = 240 : 40
                m = 6
Persediaan makanan akan habis selama 6 hari.

* Soal
Dengan kecepatan rata-rat 90 km/jam, sebuah kendaraan memerlukan waktu 3 jam 20 menit. Jika kecepatan rata-rata kendaraan 80 km/jam, waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut adalah ....
A. 3 jam 15 menit                 C. 3 jam 45 menit
B. 3 jam 40 menit                 D. 3 jam 50 menit

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
90 km → 200 menit
80km   t menit
Maka : 
            80t  = 18.000
                t  = 18.000 : 80
                t  = 225 menit atau 3 jam 45 menit.
Waktu yang diperlukan adalah 3 jam 45 menit.


8. * Kemampuan yang Diuji
       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jual beli

     * Indikator Soal
        Menentukan salah satu dari harga pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi

     * Soal
         Harga pembelian 2 lusin buku Rp76.800,00. Buku dijual eceran dengan harga  Rp4.000,00 tiap buah. Persentase untung atau ruginya adalah ....
A. untung 25%                     C. untung 20%
B. rugi 25%                           D. Rugi 20%

     * Kunci jawaban:  A

     * Pembahasan

2 lusin = 24 buah.
Harga pembelian tiap buah     = Rp76.800,00 : 24
                                                = Rp3.200,00
Harga penjualan tiap buah Rp4.000,00
Karena harga penjualan lebih besar dari pembelian, maka ia mendapat untung.
Untung            = Rp4.000,00 – Rp3.200,00
                        = Rp800,00
Persentase untung adalah = 25%


* Soal
Harga pembelian 1,5 lusin buku Rp72.000,00. Buku tersebut dijual eceran dengan harga Rp5.000,00 tiap buah. Persentase untung atau ruginya adalah ....
A. untung 20%                     C. untung 25%
B. rugi 20%                           D. rugi 25%

* Kunci jawaban:  C

* Pembahasan
1,5 lusin = 18 buah.
Harga pembelian tiap buah = Rp72.000,00 : 18
                                            = Rp4.000,00
Harga penjualan tiap buah Rp5.000,00
Karena harga penjualan lebih besar dari pembelian, maka ia mendapat untung.
Untung = Rp5.000,00 – Rp4.000,00
            = Rp1.000,00
Persentase untung adalah = 25%
* Soal
Seorang pedagang membeli 30 kg beras dengan harga Rp150.000,00. Kemudian beras tersebut dijual Rp4.500,00 tiap kg. 
Persentase untung atau ruginya adalah ....
A.    untung 10%                    C. rugi 10%
B.  untung 15%                     D. rugi 15%
* Kunci jawaban:  C

* Pembahasan
Harga penjualan = 30 × Rp4.500,00
                          = Rp135.000,00
Harga pembelian =Rp150.000,00
Karena harga penjualan lebih kecil dari pembelian, maka ia mendapat rugi.
Rugi     = Rp150.000,00 – Rp135.000,00
            = Rp15.000,00
Persentase rugi adalah = 10%

9. * Kemampuan yang Diuji
       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jual beli

     * Indikator Soal
         Menentukan salah satu dari harga pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi

     * Soal

Dengan harga jual Rp9.000.000,00 seorang pedagang rugi 10%. Harga pembeliannya       adalah ....
A. Rp10.000.000.00             C.  Rp8.100.000,00
B. Rp9.900.000,00               D.  Rp900.000,00

     * Kunci jawaban : A

     * Pembahasan

Pembelian        = 100%
Rugi    = 10%
Penjualan         = 100% - 10% = 90%  (Rp9.000.000,00)
Harga pembeliannya adalah Rp9.000.000,00 = Rp10.000.000,00






* Soal
Dengan harga jual Rp4.200.000,00 seorang pedagang rugi 16%.
Harga pembeliannya adalah ....
A. Rp4.000.000.00               C.  Rp5.000.000,00
B. Rp4.200.000,00               D.  Rp5.400.000,00

* Kunci jawaban : C

* Pembahasan
Pembelian     = 100%
Rugi              = 16%
Penjualan      = 84%  (Rp4.200.000,00)
Harga pembeliannya adalah Rp4.200.000,00 = Rp5.000.000,00
* Soal
Dengan menjual televisi seharga Rp640.000,00, Arman  rugi 20 %.
Harga pembelian televisi tersebut adalah ….
A. Rp900.000,00                  C. Rp768.000,00
B. Rp800.000,00                  D. Rp512.000,00

* Kunci jawaban : B

* Pembahasan
Pembelian     = 100%
Rugi              = 20%
Penjualan      = 80%  (Rp640.000,00)
Harga pembeliannya adalah Rp640.000,00 = Rp800.000,00

10. *    Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi

      *    Indikator Soal
            Menentukan salah satu dari persentase bunga, waktu, atau besar uang setelah n bulan

      * Soal
 Andi menabung uang sebesar Rp800.000,00 di Bank dengan bunga 6% per tahun.
         Jumlah tabungan Andi setelah 9 bulan adalah ....
A.  Rp836.000,00                            C.  Rp848.000,00
B.  Rp840.000,00                             D.  Rp854.000,00

      * Kunci jawaban: A

      * Pembahasan
Bunga selama 1 tahun 6%       = Rp800.000,00
                                                = Rp48.000,00
Bunga selama 9 bulan             = Rp48.000,00
                                                = Rp36.000,00

Jumlah tabungan Andi setelah 9 bulan adalah Rp800.000,00 + Rp36.000,00 = Rp836.000,00
* Soal
Dinda menabung uang sebesar Rp2.000.000,00 di Bank dengan bunga 18% per tahun. Jumlah tabungan Dinda setelah 8 bulan adalah ....
A. Rp240.000,00                 C.  Rp2.240.000,00
B. Rp360.000,00                  D.  Rp2.360.000,00

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
Bunga selama 1 tahun 18% = Rp2.000.000,00
                                              = Rp360.000,00
Bunga selama 8 bulan           = Rp360.000,00
                                              = Rp240.000,00
Jumlah tabungan Dinda setelah 8 bulan adalah Rp2.000.000,00 + Rp240.000,00 =  
Rp2.240.000,00

* Soal
Sebuah koperasi memberikan bunga tunggal sebesar 15% setahun. Yuni menabung di koperasi tersebut sebesar Rp4.800.000,00. Setelah 8 bulan, jumlah uang Yuni seluruhnya adalah ....
A. Rp480.000,00                  C. Rp5.280.000,00
B. Rp720.000,00                  D. Rp5.520.000,00

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
Bunga selama 1 tahun 15% = Rp4.800.000,00
                                              = Rp720.000,00
Bunga selama 8 bulan           = Rp720.000,00
                                              = Rp480.000,00
Jumlah tabungan Yuni setelah 8 bulan adalah:
Rp4.800.000,00 + Rp480.000,00 = Rp5.280.000,00

11. *    Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan barisan bilangan

      *    Indikator Soal
Menyelesaikan soal tentang gambar berpola
      *    Soal

            Perhatikan gambar pola berikut!












 



                                                                    
                        (1)           (2)            (3)              (4)           

   Banyak lingkaran pada pola ke-25 adalah ….
A. 675                                   C. 600
B. 650                                   D. 550

      *    Kunci jawaban: B

      *    Pembahasan

Pola ke-1 = 1 ´ 2 = 2
Pola ke-2 = 2 ´ 3 = 6
Pola ke-3 = 3 ´ 4 = 12
Pola ke-4 = 4 ´ 5 = 20
... (dst, hingga pola ke-25)
Pola ke-25 = 25 ´ 26
                   = 650
* Soal
Perhatikan gambar pola berikut!















 


                                                                    
                        (1)           (2)                (3)                (4)          
Banyak lingkaran pada pola ke-20 adalah….
A. 600                                               C. 420
B. 440                                               D. 240

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
Pola ke-1 = 1 ´ 3 = 3
Pola ke-2 = 2 ´ 4 = 8
Pola ke 3 = 3 ´ 5 = 15
Pola ke-4 = 4 ´ 6 = 24

... (dst, hingga pola ke-20)
Pola ke-20 = 20 ´ 22
        = 440
* Soal

Perhatikan gambar pola berikut!







 


                                                                          ...

                  (1)       (2)          (3)         (4)
Barisan bilangan yang dibentuk oleh banyak segitiga pada pola tersebut adalah ....
A. 1,4,9,16, ....                      C.  1,5,13,25,....
B. 1,5,10,17, ....                    D.  1,5,13,26,....

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
Pada pola ke-1 jumlah segitiga adalah 1.
Pada pola ke-2 jumlah segitiga adalah 5.
Pada pola ke-3 jumlah segitiga adalah 13.
Pada pola ke-4 jumlah segitiga adalah 25.

12. *    Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan barisan bilangan

      *    Indikator Soal
Menentukan rumus suku ke-n barisan bilangan

      *    Soal
Rumus suku ke-n barisan bilangan 20, 17, 14, 11, … adalah ….
A. 23 – 3n                 C. 17 + 3n
B. 23n – 3                 D. 17n + 3

      *    Kunci jawaban: A

      *    Pembahasan
Beda tiap suku pada barisan bilangan tersebut adalah - 3.
Suku pertama (20)              ( -3 × 1) + 23
Suku kedua     (17)             ( -3 × 2) + 23 
Suku ketiga     (14)            ( -3 × 3) + 23  
Suku keempat (11)            ( -3 × 4) + 23
Jadi, suku ke-n    ( -3 × n) + 23 = – 3n + 23, atau 23 – 3n.
* Soal
Rumus suku ke-n barisan bilangan 8, 13, 18, 23, …adalah ….
A. 3n + 5                   C. 5n + 3
B. 4n + 4                   D. 6n + 2

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
Beda tiap suku pada barisan bilangan tersebut adalah 5.
Suku pertama (8)      ®                    (5 ´ 1) + 3
Suku kedua     (13)   ®        (5 ´ 2) + 3
Suku ketiga     (18)   ®        (5 ´ 3) + 3
Suku keempat (23)   ®         (5 ´ 4) + 3
Jadi, suku ke-n adalah ®     (5 ´ n) + 3 atau 5n + 3.
* Soal
Rumus suku ke-n barisan bilangan 6, 10, 14, 18, … adalah ….
A. 2n + 4                               C. 4n + 2
B. 3n + 3                               D. 5n + 1

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
Beda tiap suku pada barisan bilangan tersebut adalah 5.
Suku pertama (8)                  (4 × 1) + 2
Suku kedua     (13)               (4 × 2) + 2
Suku ketiga     (18)               (4 × 3) + 2
Suku keempat (23)                (4 × 4) + 2
Jadi, suku ke-n adalah          (4 × n) + 2 atau 4n +2.

13. * Kemampuan yang Diuji
Mengalikan bentuk aljabar

      * Indikator Soal
Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar suku dua

      * Soal

Hasil dari (3p+q)(2p– 5q) adalah ....
A. 6p2 – 13pq – 5q2                          C. 6p2 – 17pq – 5q2 
B. 6p2 + 13pq – 5q2                          D. 6p2 + 17pq – 5q2 

      * Kunci jawaban: A

      * Pembahasan

(3p+q)(2p– 5q)            = 3p(2p – 5q) + q(2p – 5q)
                                          = 6p2 – 15pq + 2pq – 5q2
                                          = 6p2 – 13pq – 5q2 
* Soal
Hasil dari (a–7b)(4a– 2b) adalah ....
a.       4a2 – 26ab – 14b2                        C. 4a2 – 30ab + 14b2
b.      4a2 + 26ab – 14b2                        D. 4a2 + 30ab + 14b2 

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
(a–7b)(4a– 2b) = a(4a– 2b) – 7b(4a– 2b)
                        = 4a2 – 2ab – 28ab + 14b2
                        = 4a2 – 30ab + 14b2 
* Soal
Hasil dari (6x–y)(x+ 3y) adalah ....
c.       6x2  + 19xy– 3y2                         C.  6x2 – 17xy + 3y2 
d.      6x2  – 19xy+ 3y2                         D.  6x2 + 17xy – 3y2 

* Kunci jawaban: D

* Pembahasan
(6x–y)(x+ 3y) = 6x(x +3y) – y(x +3y)
                       = 6x2 + 18xy – xy – 3y2
                      = 6x2 + 17xy – 3y2 


14. * Kemampuan yang Diuji
 Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar

       * Indikator Soal
 Menentukan hasil operasi hitung bentuk aljabar

       * Soal
Diketahui A = 2x + 4xy – 6y dan B = -5x – 7xy + y.
Hasil A – B  adalah ....

A.    -3x + 11xy – 7y
B.     -3x - 11xy  + 7y
C.     7x – 3xy + 7y
D.     7x + 11xy – 7y

      * Kunci Jawaban : D

      * Pembahasan
A – B              = (2x + 4xy – 6y) – (-5x – 7xy + y)
                        = 2x + 4xy – 6y + 5x + 7xy – y
                        = 2x + 5x + 4xy + 7xy – 6y – y
                        = 7x + 11xy – 7y
* Soal
Bentuk sederhana dari 2x + 4xy – 6y -5x – 7xy + y adalah ....

E.     -3x - 3xy – 5y
F.      -3x - 11xy  + 7y
G.    -7x – 3xy + 5y
H.    -7x + 11xy – 7y


* Kunci Jawaban : A

* Pembahasan
2x + 4xy – 6y -5x – 7xy + y = 2x – 5x + 4xy – 7xy – 6y + y
= -3x – 3xy – 5y

* Soal
   Bentuk sederhana dari (3p – 6 pq + 2q) – (2p – pq + 5q) adalah ....

I. p – 5pq – 3q
J. p + 5pq + 3q
K.    p – 7pq – 3q
L.     p + 7pq + 3q


* Kunci Jawaban : A

* Pembahasan
   (3p – 6 pq + 2q) – (2p – pq + 5q)     = 3p – 6pq + 2q – 2p + pq – 5q
                                                                        = 3p – 2p – 6pq + pq + 2q – 5q
                                                                        = p – 5pq – 3q



15. * Kemampuan yang Diuji
Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan

      * Indikator Soal
Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar

      * Soal
Bentuk sederhana dari  adalah ....
A.                                C.
B.                                D.

      * Kunci jawaban: B

      * Pembahasan

 =
                      =   
* Soal
Bentuk sederhana dari  adalah ....
A.                              C.
B.                              D.
* Kunci jawaban: B


* Pembahasan
 =
                    =   
* Soal
Bentuk sederhana dari  adalah ....
A.                              C.
B.                              D.
* Kunci jawaban: D

* Pembahasan
 =
                    =   

16. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel

      * Indikator Soal
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel

      * Soal
Penyelesaian dari 2(3x – 6) = 3(x + 5) adalah ....
A.    x = 1
B.     x = 3
C.     x = 6
D.    x = 9

      * Kunci jawaban : B

      * Pembahasan

* Soal
Penyelesaian dari (3x – 6) = (2x – 3) adalah ....

E.     x = -30
F.      x = -6
G.    x = 6
H.    x = 30


* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
           
* Soal
Penyelesaian dari 4(3x – 2) = 5(4x + 8) adalah ....

I.       x = -6
J.       x = -4
K.    x = 4
L.     x = 6


* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
 



17. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan

      * Indikator Soal
Menentukan irisan dua himpunan

      * Soal
Diketahui        A = {x | x < 10, x bilangan prima} dan
                                    B = {x|1< x < 10, xbilangan ganjil}.
AB adalah ….
A. { 3, 4, 5 }                         C. { 2, 3, 5 }
B. { 3, 5, 7 }                         D. {1, 3, 5, 7 }

      * Kunci jawaban: B

      * Pembahasan

A = {x | x < 10, x bilangan prima}, maka  A={2,3,5,7},
B = {x|1< x < 10, xbilangan ganjil}, maka  B={3,5,7,9}
AB = {3,5,7}

18. *    Kemampuan yang Diuji
Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan

      *    Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan

      *    Soal
Dari 143 siswa,  95 siswa senang matematika, 87 siswa senang fisika, dan 60 siswa senang keduanya.
Banyak siswa yang tidak senang matematika maupun fisika ada ….
A.  21 orang                          C.  35 orang
B.  27 orang                          D. 122 orang

      *    Kunci jawaban: A

      *    Pembahasan

Misal:  yang senang matematika adalah A, dan yang senang fisika adalah B, maka:
n(S) = n(A) + n(B) – n(AB) + n(AÈB)C
143 = 95 + 87 – 60 + n(AÈB)C
143 = 122 + n(AÈB)C
n(AÈB)C = 143 – 122
n(AÈB)C = 21

Jadi, siswa yang tidak senang matematika maupun fisika ada 21 orang.

19. *    Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi

      *    Indikator Soal
Menentukan diagram panah/himpunan pasangan berurutan/ diagram cartesius yang merupakan pemetaan/ fungsi

      *    Soal

Diketahui himpunan pasangan berurutan :
(1). {(1, a), (2, a), (3, a), (4, a) }
(2). {(1, a), (1, b), (1, c), (1, d) }
(3). {(1, a), (2, a), (3, b), (4, b) }
(4). {{1, a), (2, b), (1, c), (2, d) }
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan/fungsi adalah ....
A.    (1) dan (2)
B.     (1) dan (3)
C.     (2) dan (3)
D.    (2) dan (4)

      *    Kunci jawaban : B

      *    Pembahasan
Pemetaan/fungsi dari himpunan A ke himpunan B adalah relasi yang memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu anggota B, (1) dan (3) memenuhi syarat sebagai pemetaan/fungsi

20. *    Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi

      *    Indikator Soal
Menemukan nilai fungsi

      *    Soal
Rumus sebuah fungsi adalah f (x) = 1 – 2x2.
      Nilai f (-2) adalah ....
A.    -7
B.     -3
C.     5
D.    9

      *    Kunci jawaban : A

      *    Pembahasan
21. *    Kemampuan yang Diuji
Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya

      *    Indikator Soal
Menentukan gradien garis

      *    Soal
Gradien garis dengan persamaan 4x – 2y + 8 = 0 adalah ....
A.    2
B.    
C.    
D.   

      *    Kunci jawaban : A

      *    Pembahasan
Gradien garis dengan persamaan 4x – 2y + 8 = 0 adalah :
           

22. *    Kemampuan yang Diuji
Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya

      *    Indikator Soal
Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan sejajar atau tegak lurus garis lain

      *    Soal
Persamaan garis melalui titik (-4, -2) dan tegak lurus dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 adalah ....
A.    3y = x – 2
B.     3y = - x – 10
C.     y = 3x + 10
D.    y = -3x – 14

      *    Kunci jawaban : C

      *    Pembahasan
Gradien garis dengan persamaan 2x + 6y – 12 = 0 adalah
Gradien garis yang tegak lurus dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 mempunyai gradien 3
Persamaan garis melalui titik (-4, -2) dan tegak lurus dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 adalah :

23. *    Kemampuan yang Diuji
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

      *    Indikator Soal
Menentukan penyelesaian dari SPLDV

      *    Soal
Penyelesaian dari sistem persamaan x – 3y = 1 dan x – 2y = 2 adalah ....
A.    x = 1 dan y = 4
B.     x = 4 dan y = 1
C.     x = 2 dan y = 7
D.    x = 7 dan y = 2

      *    Kunci jawaban : B

      *    Pembahasan
x – 3y = 1
x – 2y = 2
     -y = -1 ® y = 1
x – 2y = 2 ® x = 2y + 2 ® x = 4
Jadi penyelesaiannya x = 4 dan y = 1

24. *    Kemampuan yang Diuji
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

      *    Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV

      *    Soal

Keliling persegipanjang adalah 30 cm. Jika ukuran panjang 5 cm lebihnya dari lebar, maka lebar persegipanjang tersebut adalah ....
A.    5 cm
B.     10 cm
C.     15 cm
D.    20 cm

      *    Kunci jawaban : A

      *    Pembahasan

25. *    Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras

      *    Indikator Soal
Menentukan bilangan-bilangan yang merupakan Tripel Pythagoras

      *    Soal
Perhatikan bilangan-bilangan berikut :
(1)   13, 12, 5
(2)   6, 8, 11
(3)   7, 24, 25
(4)   20, 12, 15
Bilangan-bilangan  di atas, yang merupakan tripel Pythagoras adalah ....
A.    (1) dan (2)
B.     (1) dan (3)
C.     (2) dan (3)
D.    (2) dan (4)

      * Kunci jawaban : B

      * Pembahasan
132 = 122 + 52
169 = 144 + 25
169 = 169
Jadi 13, 12, 5 merupakan tripel Pythagoras

252 = 242 + 72
625 = 576 + 49
625 = 625
Jadi 7, 24, 25 merupakan tripel Pythagoras


26. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung luas bangun datar

      * Indikator Soal
Menghitung luas segiempat

      * Soal
Panjang sisi sejajar pada trapesium sama kaki adalah 15 cm dan 25 cm. Jika panjang kaki trapesium 13 cm, maka luas trapesium adalah ....
A.    120 cm2
B.     240 cm2
C.     360 cm2
D.    480 cm2

      * Kunci jawaban : B


      * Pembahasan



 








27. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari

      * Indikator Soal            :  Menghitung keliling gabungan beberapa bangun datar

      * Soal
Perhatika gambar!
                       
Keliling bangun pada gambar di atas adalah ....
A.    34 cm
B.     50 cm
C.     52 cm
D.    60 cm

      * Kunci jawaban : C

      * Pembahasan
     
      Jadi keliling bangun = 52 cm



28. *    Kemampuan yang Diuji
Menghitung besar sudut pada bidang datar

      *    Indikator Soal
Menentukan besar salah satu sudut yang saling berpenyiku/ berpelurus

      *    Soal
Perhatikan gambar!

Besar Ð COE pada gambar di atas adalah ....
A.    750
B.     720
C.     650
D.    620

      *    Kunci jawaban : B

      *    Pembahasan

29. *    Kemampuan yang Diuji
Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

      *    Indikator Soal
Menghitung besar sudut yang saling berhubungan (sehadap, bertolak belakang, berseberangan, atau sepihak)


      *    Soal
Perhatikan gambar!
Text Box:






Nilai y pada gambar di atas adalah ....
A.    200
B.     300
C.     350
D.    400

      *    Kunci jawaban : B

      *    Pembahasan
1200 + 3x0       = 1800
3x0                   = 600
2y0                   = 3x0
2y0                   = 600
y0                     = 300

30. *    Kemampuan yang Diuji
Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran

      *    Indikator Soal
Menghitung besar sudut pusat atau sudut keliling pada lingkaran

      *    Soal
Perhatikan gambar!
Besar Ð BOC pada gambar di atas adalah ....
A.    450
B.     500
C.     900
D.    1000

      *    Kunci jawaban : C

  

      *    Pembahasan
Ð BAC = 250 + 200 = 450
Ð BOC = 2 ´ Ð BAC = 900

31. *    Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan

      *    Indikator Soal
Menghitung panjang sisi pada dua segitiga sebangun

      *    Soal
Perhatikan gambar!
Panjang EF pada gambar di atas adalah ....
A.    6,25 cm
B.     6,75 cm
C.     7,00 cm
D.    7,25 cm

      *    Kunci jawaban : C

      *    Pembahasan
           
           

            EF = 1 + 6 = 7 cm

32. *    Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan

      *    Indikator Soal
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kesebangunan


      *    Soal
Berikut ini adalah beberapa ukuran foto:
(1). 2 cm ´ 3 cm
(2). 3 cm ´ 4 cm
(3). 4 cm ´ 6 cm
(4). 6 cm ´ 10 cm
Foto yang sebangun adalah ....
A.    (1) dan (2)
B.     (1) dan (3)
C.     (2) dan (3)
D.    (3) dan (4)

      *    Kunci jawaban : B

      *    Pembahasan
Foto dengan ukuran 2 cm ´ 3 cm sebangun dengan foto dengan ukuran                   4 cm ´ 6 cm, karena panjang sisi-sisi yang bersesuaian sebanding

33. *    Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi

      *    Indikator Soal
Diberikan gambar dua segitiga kongruen, siswa dapat menentukan pasangan sisi atau sudut yang sama, jika unsur yang diperlukan diketahui.

      *    Soal
Perhatikan gambar !
                           C                              F
                                                       


                                                  
               A                        B  D                        E   
Pasangan sudut yang sama besar adalah….
A. A dengan D
            B. B dengan D
            C. B dengan E
            D. C dengan F

      *    Kunci jawaban:  B

      *    Pembahasan
Besar sudut yang sama harus diapit oleh panjang sisi yang sama, maka
Ð A = Ð F ( diapit oleh sisi 1 dan 3 )
ÐB = Ð D ( diapit oleh sisi 1 dan 2 )
dan  Ð C = Ð E ( diapit oleh sisi 2 dan 3 )


34. *    Kemampuan yang Diuji
Menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar

      *    Indikator Soal
Siswa dapat menentukan banyak  diagonal sisi, bidang diagonal atau diagonal ruang pada kubus atau balok

      *    Soal
Banyak  sisi pada  prisma dengan alas segi-9  adalah ….
A. 10                           C. 18
B. 11                           D. 27

    *      Kunci jawaban: B

    *      Pembahasan
    Banyak sisi      = alas + sisi tegak + tutup
                            =   1   +  9   +   1 =  11

35. *    Kemampuan yang Diuji
Menentukan jaring-jaring bangun ruang

      *    Indikator Soal
Diberikan gambar  rangkaian persegi, siswa dapat menentukan persegi yang merupakan alas bila tutupnya diketahui

      *    Soal
Rangkaian persegi di bawah adalah jaring-jaring kubus.  Jika nomor 2 merupakan alas kubus, maka yang merupakan tutup kubus adalah  nomor ….
      A. 1                             C. 5                
      B. 4                             D. 6


      *    Kunci jawaban: C

      *    Pembahasan
Cukup jelas

36. *    Kemampuan yang Diuji
Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

      *    Indikator Soal
Siswa dapat menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas

      *    Soal
Volum balok yang berukuran panjang 8 cm, lebar 6 cm dan tinggi 3 cm adalah ....
                         A. 144 cm3      C. 34 cm3
B. 124 cm3      D. 18 cm3

      *    Kunci jawaban: A

      *       Pembahasan
Panjang  =  8 cm,  lebar = 6 cm, tinggi  = 3 cm                         
Volume  = p ´ l  ´ t =  8 ´ 6 ´ 3
           = 144 cm3

37. *    Kemampuan yang Diuji
Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

      *    Indikator Soal
Siswa dapat menghitung volume tabung, kerucut, atau bola

      *    Soal
Volum kerucut dengan panjang jari-jari   5 cm, dan tinggi 12 cm. adalah ….
(p = 3,14)
A. 314 cm3            C. 628 cm3
B. 471 cm3                                D. 942 cm3

      *    Kunci jawaban: A

      *    Pembahasan

Diketahui :  r = 5 cm dan t = 12 cm
V = x pr2t
    =  x 3,15 ( 5 x 5) x 12
  =  314 cm 

38. *    Kemampuan yang Diuji
Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

      *    Indikator Soal
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung

      *    Soal
Perhatikan  gambar bandul yang dibentuk oleh kerucut dan belahan bola!     


 


                              39 cm                              
                                           




                          30 cm
      Volum bandul tersebut adalah ....   (p=3,14)
A. 15.543 cm³             C. 18.681 cm³
B. 15.675 cm³             D. 18.836 cm³

      * Kunci jawaban : A

      * Pembahasan
           

39. *    Kemampuan yang Diuji
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

      *    Indikator Soal
Siswa dapat menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma, atau limas

      *    Soal
Keliling alas sebuah kubus  28 cm.
Luas seluruh bidang sisi kubus tersebut adalah ….
                        A.  343 cm2       C.  168 cm2
B.  294 cm2       D.   49 cm2

      *    Kunci jawaban : B

      *    Pembahasan
Diketahui : rusuk alas = 28 : 4 = 7 cm
L = 6r2 = 6 ´ 72 =  294 cm2

40. *    Kemampuan yang Diuji
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

      *    Indikator Soal
Siswa dapat menghitung luas permukaan tabung, kerucut, atau bola

      *    Soal
Luas seluruh permukaan  tabung  tanpa tutup yang panjang jari-jarinya 7 cm dan tingginya 10 cm  adalah ….
A. 154 cm2                  C. 594 cm2
B. 440 cm2                  D. 748 cm2  

      *    Kunci jawaban : C

      *    Pembahasan
Diketahui :  r = 7 cm dan t = 10 cm
L          =  L.alas  + L. selimut
L          =  pr2  + 2prt
            =   ×  ( 7 × 7) +  (2 ×× 7 × 10)
          =   (154    + 440) cm2 =   594 cm
41. *    Kemampuan yang Diuji
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

      *    Indikator Soal
Siswa dapat menghitung mean , median, atau modus data tunggal

      *    Soal
Modus dari data 7, 8, 6, 5, 6, 5, 8, 7, 6, 9 adalah ....
A. 6                 C. 6, 7
        B. 6, 5             D. 7

      *    Kunci jawaban: A

      *    Pembahasan
   Modus adalah nilai yang paling sering muncul yaitu 6


42. *    Kemampuan yang Diuji
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

      *    Indikator Soal
Siswa dapat  menghitung mean , median, atau modus data tunggal pada tabel frekuensi

      *    Soal
Perhatikan tabel!
Nilai
3
4
5
6
7
8
9
10
Frekuensi
2
6
4
8
6
7
5
2
Median dari data pada tabel  di atas adalah ….
      A. 6                   C. 7
      B. 6,5                D. 7,5

      *    Kunci jawaban: B

      *    Pembahasan
Mediannya      =    
=   
= 6,5
(karena 40 data, jika diurutkan suku tengahnya adalah ke-20 dan 21)


43. *    Kemampuan yang Diuji
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

      *    Indikator Soal
Siswa dapat menyelesaikan  soal cerita yang berkaitan dengan  nilai rata-rata

      *    Soal
Perhatikan tabel berikut :
Nilai
4
5
6
7
8
Frekuensi
2
7
5
4
2
Banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai rata-rata adalah ….
                A. 5 orang       C. 7 orang
B. 6 orang       D. 11 orang

      *    Kunci jawaban:  D

      *    Pembahasan
   Nilai rata-rata = 5, 85
   Nilai lebih dari 5,85 yaitu nilai 6, 7 dan 8
   Banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari rata-rata= 5 + 4 + 2 = 11 orang

44. *    Kemampuan yang Diuji
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

      *    Indikator Soal
Siswa dapat menyelesaikan  soal cerita yang berkaitan dengan  nilai rata-rata

       *   Soal
Tinggi  rata-rata 8 orang pemain Volly adalah 176 cm. Setelah  2 orang keluar dari tim Volly, tinggi rata-ratanya menjadi 175 cm. Tinggi rata-rata pemain yang keluar itu adalah ….
A. 169 cm       C. 174 cm
B. 171 cm        D. 179 cm

      *    Kunci jawaban : D

      *    Pembahasan
Jumlah tinggi pemain yang keluar = 8 ´ 176 – 6 ´175 = 358 cm
Tinggi rata-rata = 358 : 2 = 179 cm

45. *    Kemampuan yang Diuji
Menyajikan dan menafsirkan data

      *    Indikator Soal
Siswa dapat menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram garis


      *    Soal
Data penjualan beras dari toko sembako pada lima hari minggu pertama bulan Januari adalah sebagai berikut



 

     







          Rata-rata banyak beras yang terjual setiap hari pada minggu tersebut adalah ….
                     A. 35 kwintal         C. 42 kwintal
                  B. 40 kwintal         D. 44 kwintal

      *    Kunci jawaban: C

      *    Pembahasan
Rata-rata  beras terjual =  = = 42 kwintal






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar